Di awal tahun 2020 ini dunia diberikan ‘hadiah’ yang menggemparkan seluruh orang. Sebuah penyakit baru bernama Novel Corona Virus Deases (COVID-19) menyebar ke seluruh dunia. Virus yang berawal dari Wuhan, sebuah kota besar di Cina ini diketahui belum ada obat untuk menyembuhkannya. Oleh karena itu banyak negara melakukan tindakan yang disebut dengan Lock Down untuk menghentikan penyebaran virus corona ini.Namun untuk kamu ketahui, Indonesia melalui keputusan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo tidak menerapkan sistem tersebut melainkan sistem Work From Home. Dikutip dari rencanamu.id, work from home adalah merupakan salah satu bentuk remote working. Jadi bekerja jarak jauh untuk perusahaan yang dilakukan dari rumah.

            Presiden Joko Widodo menginstruksikan seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan WFH dari tanggal 16 Maret hingga 29 Maret 2020. Ini semua dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona yang semakin menggila. Untuk kamu yang terbiasa kerja di kantor, setiap 8 – 5 sore tentu hal ini menyebalkan. Tapi jangan khawatir, kembangin punya tips biar kamu tetap chill walaupun kerja di rumah, here we go :

  1. Temukan spot yang menurut kamu asyik untuk bekerja

Hal yang paling banyak dikeluhkan ketika bekerja dari rumah adalah sulitnya fokus untuk bekerja. Kebanyakan mengeluh karena bising, tidak nyaman untuk menaruh laptop, dan tidak ada kursi kerja yang nyaman. Oleh karena itu hal pertama yang harus kamu tentukan adalah spot kamu bekerja. Saran dari kita sih, carilah spot yang menghadap ke jendela dengan begitu kamu bisa sambil melihat pemandangan luar yang indah. Lebih asyik lagi kalau jendelanya begitu di buka bisa langsung melihat awan. Ketika kamu mumet, tentu pikiranmu akan tenang kembali.

2. Atur waktu kamu bekerja layaknya di kantor

Setelah kamu menemukan spot yang asyik untuk kerja dari rumah. Hal berikutnya yang harus kamu atur adalah jam bekerja. Bukan berarti kerja dari rumah kamu bisa seenaknya. Bagaimanapun juga yang pindah hanya tempat bekerjanya saja, bukan waktu bekerjanya. Oleh karenanya, kamu harus disiplin kepada diri sendiri. Kalau di kantor kamu terbiasa kerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore, maka lakukan hal yang sama ketika kamu bekerja dari rumah. Ini akan membuat kamu tidak kaget dengan budaya kerjanya.

3. Sediakan kopi dan cemilan ya

Yap ini wajib banget sobat kembangin ! Sama halnya dengan bekerja di kantor, hal – hal kecil seperti kopi dan cemilan harus ada untuk mem-booster kerja kamu. Beruntungnya Indonesia tidak menerapkan lock down sehingga kamu masih bisa datang ke warung ataupun supermarket untuk membeli cemilan dan kopi. Jadi keep calm and coffee always.

4. Jauhi kasur ketika kamu bekerja

Hal yang paling menyeramkan bekerja dari rumah bukanlah gaji, jam bekerja ataupun makanan, tapi kasur ! Terutama bagi kamu yang asal mulanya lahir dari kaum rebahan. Usahakan agar kamu tidak beristirahat di kasur sobat, minimal di kursi. Syukur – syukur kalau di rumah kamu punya bean bag, lebih chill !

5. Berhentilah ketika sudah waktunya

Terakhir, ingat walaupun kamu di rumah pada intinya pola dan jam kerjanya sama. Kalau kamu ngga disuruh lembur sama si bos, ketika waktunya kamu harus berhenti bekerja. Masih ada hari besok untuk berkarya. Istirahat malam hari penting, supaya kualitas jam biologis kamu terjaga sobat. Selamat bekerja dari rumah ya !

Itulah 5 cara supaya kamu tetap chill dan produktif bekerja dari rumah ya sobat kembangin. Ngomong – ngomong ini kita juga pada kerja dari rumah nih, kalau kamu kerja dari rumah atau masih harus ke kantor ? Kalau yang masih ke kantor, semangat Tuhan pasti menjaga kalian. Salam hangat dari kami untuk keluarga kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here