Penyebaran covid-19 yang cepat memang merubah interaksi antara bisnis dan pelanggan. Banyak bisnis mulai merasa penurunan penjualan yang drastis atau bahkan tidak memiliki pelanggan sama sekali karena pelanggan sudah mulai beraktivitas di rumah mereka masing-masing. Tetapi, keberlanjutan bisnis harus tetap dilakukan agar bisnis dapat dipertahankan. Mempertahankan bisnis yang berarti juga memperjuangkan penjualan selama wabah Virus Corona memang tidak mudah. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisnis menjual produk di minggu atau bulan mendatang. Berikut beberapa strategi penjualan yang efektif untuk memastikan bahwa bisnis UKM Anda tetap berjalan.

  • Via Online

Karena jelas semenjak kebijakan pemerintah tentang Work From Home berlaku. Maka selayak kita selaku pembisnis yang biasa nya jualan offline maka harus beralih ke online. Ya mungkin beresiko karena pola pikir konsumen berubah. Yang terpenting terus perbaiki komunikasi dengan konsumen. jual produk mu sekreatif mungkin untuk menjangkau konsumen secara global.

  • Strategi Penjualan yang Kreatif

Selain promosi yang Anda gunakan tepat, buatlah cara dan strategi penjualan yang kreatif. Dengan membuat pelanggan tetap melihat cara Anda mempresentasikan produk UKM Anda. Entah melalui video yang sedih, lucu atau unik, melalui meme yang lucu, melalui email yang menarik dan berbagai cara lainnya yang disesuaikan kembali dengan target pasar produk bisnis Anda. Berbeda target, berbeda cara mendekatinya.

  • Sharing Bahan

Dimana Sekarang ketika pandemi melanda. Banyak sekali usaha-usaha yang tutup karena konsumen offline pada hilang apalagi café atau yang lainnya. Sharing bahan dengan usaha yang tutup tadi, menjadi solusi untuk anda pelaku usaha yang masih berjuangan. Dengan cara anda coba komunikasikan dengan pihak tersebut. untuk  tuker bahan atau tuker yang lainya. Misalnya café  tersebut menjual makanan nah pasti masih ada stock barang apa pun itu. maka peran anda di sana, bisa coba komunikasikan untuk kerja sama dengan bisnis anda.  Misalnya anda beli bahan yang cocok untuk bisnis anda atau juga anda beli barang-barang untuk di manpaatkan di bisnis sekarang tentunya sesuai dengan keadaan saat ini.  atau bisa juga kerja sama untuk di jualkan.

Setelah Anda mengetahui strategi penjualan yang efektif selama masa pandemi Virus Corona. Maka yang harus anda ketahui lagi adalah yang pertama jangan berhenti untuk berjualan. Karena sebenarnya market anda itu tidak habis. Cuman kitanya yang harus bisa sedikit merubah startegi yang tentunya menyesuai pola pikir konsumen dan keadaan saat ini. Tetap optimis ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here