Memulai Bisnis hanya dengan Modal Smartphone, Ahmad Syarif, Founder & CEO CyberLabs

Kembangin Journal – BANDUNG. Artikel kali ini akan mengulas materi yang disampaikan oleh Ahmad Syarif yang merupakan founder sekaligus CEO dari Cyberlabs pada kegiatan Pesantren Startup 2019.

Menurut Kang Syarif, Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar apabila dilihat dari jumlah penduduknya yang berjumlah ratusan juta orang, dan juga jumlah UKM yang mencapai 58 juta usaha. Berdasarkan pengalamannya sebagai alumni dari program Wirausaha Bandung-Jabar dan juga telah membina ribuan UKM di Jawa Barat, Kang Syarif melihat penyebab kegagalan atau matinya UKM adalah rendahnya kemampuan mereka bersaing di era teknologi. Hal itu disesabkan oleh :

UKM tidak mengetahui potensi teknologi

Sebagian besar masyarakat Indonesia dari berbagai golongan telah menggunakan media sosial, tapi tidak memahami potensinya untuk digunakan sebagai media penjualan online.

UKM masih memiliki banyak peer internal

Kemampuan manajemen pelaku UKM biasanya cukup rendah, sehingga tidak mampu mengoptimalkan kemampuan operasi dan aset yang dimiliki. Masih banyak yang harus dibenahi, sehingga sebagian besar merasa membangun media online hanya akan menjadi beban tambahan.

UKM tidak mampu mengoptimalkan teknologi

Beberapa UKM telah memiliki keuntungan yang besar dan mempunyai website sendiri. Namun sayangnya website tersebut belum dioptimalkan dengan baik, dan hanya digunakan sebagai etalase online saja.

Teknologi digital memiliki potensi yang sangat besar apabila dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Pemanfaatannya pun cenderung mudah, cukup dengan sebuah smartphone seseorang bisa memasarkan usahanya secara online melalui media sosial maupun platform market place. Dengan memanfaatkan teknologi ini, bisnis kecil dapat berkembang pesat mengalahkan bisnis besar yang belum memanfaatkan teknologi digital.

#Pesantrenstartup2019 -BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here