Terus Belajar
Wawan Dhewanto, PhD Dosen Kewirausahaan SBM ITB

Kembangin Journal – BANDUNG. Pak Wawan Dhewanto adalah seorang Dosen Kewirausahaan di Sekolah Bisnis & Manajemen (SBM) ITB. Dalam kegiatan Pesantren Startup 2019 yang diselenggarakan oleh Business Initiative Movement (BIM) bersama dengan Eduplex, Pak Wawan berbagi motivasi untuk terus belajar dalam mengembangkan bisnis.

Menurut Pak Wawan, tidak ada salahnya untuk bermimpi menciptakan startup besar di Indonesia. Dari segi kesempatan pasar, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar sehingga pasar yang dimiliki juga sangat besar. Selain itu pemerintah pusat juga aktif dalam mengembangkan potensi-potensi bisnis melalui berbagai kegiatan seperti Gerakan 1000 Startup Digital dari Kominfo dan Kewirausahaan Pemuda dari Kemenpora. Tentu saja masih banyak program lainnya dari setiap lembaga kementrian yang ada.

Ekosistem pendukung bisnis juga sangat besar dengan adanya berbagai komunitas entrepreneur seperti Business Initiative Movement (CLS) dan Co-Learning Space (CLS). Selain itu banyak terdapat inkubator-inkubator bisnis di dalam dan di luar kampus. Kesempatan untuk memperoleh investor juga sangat besar di bidang E-commerce, fintech, travel, software, advertising, big data, dan lain sebagainya. Berbagai fasilitas ini tentu saja harus dimanfaatkan langsung oleh para penggiat bisnis yang masih pemula dengan lebih berinisiatif dan aktif.

Pak Wawan mengakhiri sesinya dengan memotivasi para peserta Pesantren Startup 2019 untuk terus belajar, tidak hanya dari keberhasilan, namun juga dari kegagalan.

#Pesantrenstartup2019-BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here