Kolaborasi Bisnis ala Pamitra Wineka, President & Co-Founder TaniHub & TaniFund.

Kembangin Journal – BANDUNG. Artikel kali ini akan mengulas materi yang disampaikan oleh Pamitra Wineka yang merupakan Presiden dan Co-Founder dari TaniHub dan TaniFund pada acara Pesantren Startup 2019 di Bandung.

Menurut Pamitra, sebuah startup harus memiliki sebuah keunggulan apabila dibandingkan dengan bisnis konvensional, yaitu fast growth atau pertumbuhan yang cepat. Salah satu cara bagi sebuah bisnis untuk mencapai fast growth adalah dengan melakukan kolaborasi atau menjalin kerja sama dengan pihak lain maupun bisnis sendiri. Kolaborasi merupakan kunci kesuksesan dari bisnis yang dikembangkan oleh Pamitra, yaitu TaniHub dan TaniFund.

TaniHub merupakan sebuah aplikasi market place untuk memudahkan petani menjual langsung produknya kepada konsumen seperti UKM, restoran, hotel, dan lain sebagainya. Setiap petani yang menjual produknya melalui TaniHub dipastikan akan mendapat pembeli langsung.

Pada awal pendirian TaniHub, Pamitra bersama rekan-rekannya berpikir bahwa mengunjungi langsung para petani satu per satu untuk menawarkan jasa TaniHub tidaklah efisien dari segi biaya. Oleh karena itu mereka melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat melalui KOMINFO. Inisiatif TaniHub direspon dengan sangat baik oleh KOMINFO, sehingga satu persatu dinas pertanian daerah mengundang TaniHub untuk memaparkan jasanya langsung dengan petani-petani setempat. Di setiap kegiatan itu TaniHub memaparkan jasa mereka dengan cara penyampaian yang mudah dimengerti oleh para petani, sekaligus menunjukkan teknis penggunaan aplikasinya. Satu per satu kontak petani pun dikumpulkan melalui kegiatan tersebut, sehingga mudah untuk melakukan penawarn lebih lanjut ke depannya.

Setelah kesuksesan TaniHub, Pamitra kembali membangun sebuah aplikasi dengan nama TaniFund. TaniFund merupakan platform pinjaman dana tani dengan memanfaatkan peer to peer lending dari berbagai platform yang sudah ada.

TaniFund menjawab kesulitan petani dalam memperoleh pendanaan yang sulit mereka dapatkan melalui bank konvensional. Melalui kolaborasi dengan TaniHub, TaniFund dapat mengetahui informasi petani-petani yang sulit memperoleh pendanaan atau ingin mengembangkan bisnisnya. Setelah petani berhasil mengembangkan bisnisnya melalui TaniFund, hasilnya kembali dipasarkan melalui aplikasi TaniHub. Dengan demikian petani dapat semakin mandiri, dan bisnisnya semakin berkembang.

Oleh karena itu kolaborasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh sebuah startup untuk memperoleh fast growth. Kolaborasi ini dapat dilakukan dengan berbagai macam organisasi terkait, seperti bisnis lain yang sudah berjalan dan tentu saja pemerintah. Yang tidak kalah penting adalah menyusun action plan selanjutnya dari setiap kegiatan kolaborasi yang dilakukan.

#Pesantrenstartup2019-BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here