Kembangin Journal – BANDUNG. Penggiat teknologi Indonesia tentu saja kenal dengan tokoh Budi Raharjo, atau biasa dipanggil dengan Pak BR. Beliau merupakan Dosen di fakultas Sekolah Teknik Elektronika & Informatika (STEI) ITB, sekaligus tokoh startup Indonesia, sang penyelamat awal .id domain.

Di acara Pesantren Startup 2019 yang dilaksanakan oleh Business Initiative Movement (BIM) bersama dengan Eduplex, Pak BR bercerita tentang pengalamannya membangun bisnis di bidang IT. Di antara 10 dari perusahaan yang dulu beliau bangun, 7 diantaranya gagal. Hal ini menjadi menjadi pengingat bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis, bahwa setiap keberhasilan pasti dibangun oleh kegagalan.

Pak BR mengajak para penggiat bisnis muda untuk mulai mengintegrasikan teknologi ke dalam bisnisnya. Menurut beliau, ini adalah waktu yang tepat dan Bandung adalah tempat yang tepat karena didukung dengan berbagai fasilitas, infrastruktur, dan institusi-institusi pendidikan yang berorientasi pada pengembangan teknologi. Tidak ada alasan untuk tidak memulai bisnis semenjak dini di Bandung dengan berbagai faktor pendukung tersebut.

“Apakah kalian siap?” tanya Pak BR sekaligus membakar semangat peserta Pesantren Startup 2019 di akhir sesinya..

#Pesantrenstartup2019-BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here